Site icon PPKN.CO.ID

Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen – Hai sobat PPKN.co.id dalam kesempatan ini penulis akan berbagi artikel terbaru yang kali ini membahas tentang manajemen. Tentu sudah tidak asing bukan bagi kita mendengar atau bahkan memabaca istilah manajemen ini, jadi kali ini kita akan bersama membahas apa saja yang menjadi poin dalam uraian tentang manajemen. Untuk uraian pembahasan yang selengkapnya bisa sobat simak berikut dibawah ini.

Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen

Manajemen ialah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui prilaku orang lain. Definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer akan bertugas mengatur dan juga mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan dalam organisasi.

Dengan manajemen yang baik kemungkinan untuk dapat mencapai tujuan akan lebih mempunyai peluang yang besar, meskipun tidak sepenuhnya bisa menghindari resiko kegagalan. Dengan manajemen yang baik semua kegiatan operasional akan terlaksana dengan baik dan efisien.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Berikut merupakan penegertian manajemen berdasarkan pendapat para ahli, diantaranya.

Pengertian Menurut Mulayu S.P. Hasibuan (2000:2)

“Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur suatu proses dengan pemanfaatan sumber daya manusia dan juga sumber-sumber lainnya dengan cara efektif dan efisien guna untuk mencapai suatu tujuan.”

Pengertian Menurut Marry Parker Follet

“Manajemen merupakan seni untuk dapa melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain dalam melakukan pekerjaan”

Pengertian Menurut Prof. Oie Liang Lee

“Manajemen adalah ilmu dan seni dalam mengarahkan serta memonitor tenaga manusia dengan cara bantuan alat-alat untuk kita mencapai tujuan yang telah kita ditetapkan”.

Pengertian Menurut The Liang Gie, 1982

”Manajemen adalah unsur yang suatu rangkaian dalam perlakuan menggerakkan anggota dan juga mengarahkan segenap fasilitas kerja supaya tujuan organisasi yang bersangkutan benar-benar akan dapat tercapai.”

Prinsip Manajemen

Berikut diantaranya merupakan prinsip manajemen, yang dapat disimak yaitu.

  1. Pembagian kerja yang berimbang

    Dalam memberi tugas dan juga jenisnya kepada anggota kerja, seorang pemimpin harus bersifat adil, dengan bersikap sama rata tidak boleh membeda-bedakan dan memberikan beban kerja yang selalu seimbang dengan tugas masing-masing.

  2. Pemberian kewenangan dan rasa tanggung jawab yang tegas dan jelas

    Setiap anggota kerja atau karyawan ini harusnya diberi wewenang sepenuhnya untuk dapat melakukan pekerjaannya dengan baik dan juga mempertanggung jawabkannya kepada pimpinannya secara langsung sesuai kesepakatan.

  3. Disiplin

    Disiplin adalah keharusan dalam melaksanakan pekerjaan atau dari kegiatan nyata (bekerja sesuai dengan apa yang menjadi bentuk pekerjaan menjadi tugas dan tanggung jawabnya) berdasarkan dari rencana, peraturan dan waktu (waktu kerja) yang telah ditetapkan dengan kesepakatan bersama dalam mencapai target.

  4. Kesatuan perintah

    Setiap tenaga kerja dan karyawan harusnya hanya dapat menerima satu bentuk perintah dari seorang pimpinan secara langsung (mandor/kepala seksi/kepala bagian, petugas dan lain sebagainya), bukan dari berbagai karyawan yang sama-sama maka akan merasa menjadi atasan para karyawan/tenaga kerja yang tersebut.

  5. Kesatuan arah

    Kegiatan harusnya memiliki target yang sama serta dipimpin oleh seorang pimpinan langsung serta yang didasarkan pada rencana kerja yang juga sama, yang maksudnya arah operasional yang teratur untuk menciptakan dan mencapai tujuan bersama sesuai target pencapaian (satu tujuan, satu rencana, dan satu pimpinan).

Ciri Ciri Manajemen

Adapun ciri dari manajemen yang harus ada, diantaranya.

  1. Ada tujuan yang akan dicapai
  2. Ada pemimpin (atasan)
  3. Ada yang dipimpin (bawahan)
  4. Ada kerja sama.

Tujuan Manajemen

Tujuan Manajemen ini seharusnya ditetapkan dengan nyata, rasional, logis serta ideal yang didasarkan pada fakta data, potensi tujuan serta sebagai kemampuan yang dimiliki dan juga tidak saling bertentangan dengan berbagai nilai sosial, moral, agama maupun dalam peraturan pemerintah yang ada supaya tujuan suatu perusahaan telah tetapkan dapat bermanfaat untuk masyarakat dan cukup untuk dicapai yang akan menguntungkan semua pihak yang ada.

Menurut GR Terry tujuan dari manajemen merupakan tujuan yang sejatinya diinginkan oleh pihak yang memang bersangkutan yang akan menggambarkan ruang atau skope yang jelas dan juga memberi arahan kepada seorang manajer. Definisi tersebut ialah yang meliputi 4 hal pokok ialah:

  1. Tujuan
  2. Skope
  3. Kepastian
  4. Arah

Tujuan manajemen haruslah mempu meliputi ke 4 hal tersebut dengan berbagai perencancanaan tentang sebuah kebijakan, metode, sistem,  strategi, prosedur, aturan, intruksi dan yang lainya yang bisa dilaksanakan dalam mencapai tujuan yang tersebut.

Sekian artikel ini yang selesai membahas tentang Manajemen. Dengan pembahasan mengenai tentang manajemen diatas penulis sangat mengharapkan sobat dapat dengan mudah belajar dan menerapkan sistem manajemen yang baik untuk mencapai sebuah tujuan. Semoga bisa memberikan pemahaman sesuai dengan kebutuhan sobat dan dapat memperoleh manfaat dari apa yang telah dibaca.

Baca Juga :

Exit mobile version