Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas X Semester 1
Berikut soal UAS b.Indonesia kelas 10 semester 1 dengan kunci jawaban untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat.
1. Saat akan membuat teks hasil observasi, terlebih dahulu perhatikan hal-hal yang berkaitan dengan teks observasi, seperti….
a. mengetahui objek dengan baik
b. menilai objek secara keseluruhan
c. mengamati objek yang akan diobservasi
d. melakukan penelitian terhadap objek
e. meneliti objek dengan sesama
Jawaban: c
2. Berkaitan dengan aspek kebahasaan, dalam pembuatan teks laporan hasil observasi ini harus memperhatikan penggunaan bahasa. Salah satunya memperhatikan penggunaan….
a. kelas kata
b. paragraf
c. hubungan antarkalimat
d. hubungan antarparagraf
e. keterkaitan antara kata satu dengan lainnya
Jawaban: a
3. Informasi yang dihadirkan dalam teks laporan adalah hasil dari observasi dan analisis secara….
a. tersusun baik
b. sistematis
c. terprosedur
d. terealisasi
e. terarah dan terencana
Jawaban: b
4. Kegiatan interprestasi lebih memfokuskan dan memprioritaskan pada pengkajian bagian-bagian yang ada dalam sebuah….
a. teks
b. teks deskripsi
c. teks narasi
d. teks argumentasi
e. teks laporan
Jawaban: e
5. Berikut ini termasuk fungsi dari teks laporan hasil observasi, kecuali….
a. memberitahukan atau menjelaskan tanggung jawab tugas dan kegiatan pengamatan
c. merupakan sumber informasi
d. merupakan bahan untuk pendokumentasian
e. merupakan hasil analisis dari teks laporan
Jawaban: e
6. Berikut ini termasuk jenis-jenis kalimat yang biasa digunakan dalam pembuatan teks laporan hasil observasi, kecuali….
a. kalimat tanya
b. kalimat simple
c. kalimat kompleks
d. kalimat definisi
e. kalimat deskripsi
Jawaban: a
7. Salah satu sifat yang harus dimiliki teks laporan hasil observasi adalah sifat informatif, artinya….
b. teks laporan hasil observasi sesuai fakta
c. teks laporan hasil observasi dapat dikomunikasikan dengan siapa pun
d. teks laporan hasil observasi dapat dijadikan sebagai sumber pengalaman orang lain jika melakukan hal serupa
e. teks laporan hasil observasi menggunakan bahasa ilmiah
Jawaban: d
8. Perhatikan teks berikut!
Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia. Bencana alam dapat terjadi dimana pun dan kapan pun, tak terkecuali di Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan yang rawan bencana alam. Itulah sebabnya Indonesia mengalami bencana alam terutama gempa bumi, gunung meletus, banjir, dan tanah longsor.
Dari teks tersebut yang termasuk dalam definisi umum laporan tersebut adalah….
b. Bencana alam dapat terjadi dimana pun dan kapan pun, tak terkecuali di Indonesia.
c. Indonesia merupakan negara kepulauan yang rawan bencana alam.
d. Itulah sebabnya Indonesia mengalami bencana alam.
e. Bencana alam di Indonesia, seperti gempa bumi, gunung meletus, banjir, dan tanah longsor.
Jawaban: a
9. Perhatikan contoh teks eksposisi berikut!
Sinar matahari dapat menguapkan air yang berasal dari permukaan laut dan tumbuhan. Setelah air menguap terjadi penggumpalan uap air menjadi awan. Setelah kandungan uap air cukup banyak, air diturunkan dengan bantuan angin. Air yang turun meresap ke pori-pori tanah, sebagian menjadi cadangan dalam tanah dan sebagian lagi menuju permukaan laut. Kondisi ini terjadi berulang-ulang dengan cara yang sama.
Isi teks tersebut adalah siklus….
a. peresapan air
b. penggumpalan awan
c. penyinaran matahari
d. terjadinya hujan
e. terjadinya laut
Jawaban: d
10. Perhatikan teks berikut!
Pemerintah akan memberi bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakan. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar 10 Juta. Warga yang rumahnya rusak sedang akan mendapatkan bantuan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat akan mendapatkan bantuan sekitar 30 juta. Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dan pengawasan dari pihak LSM.
Teks tersebut termasuk jenis teks eksposisi….
a. proses
b. klasifikasi
c. ilustrasi
d. perbandingan
e. laporan
Jawaban: b
Metode cara belajar yang baik adalah belajar secara rutin dan teratur. Penyerapan suatu konsep dengan sedikit demi sedikit sesuai dengan kapasitas daya serap otak yang mempunyai keterbatasan. Kalau melakukan aktifvitas belajar dengan kuantitas tinggi dalam suatu waktu bisa dipastikan banyak konsep yang tidak terserap oleh otak kita. Hal itu sama dengan mengisikan air ke dalam botol. Pengisian harus dilakukan sedikit demi sedikit agar air dapat masuk secara optimal. Jika kita langsung menuangkan air dalam jumlah banyak, pasti banyak juga air yang tumpah dan tidak masuk ke dalam botol.
Teks tersebut termasuk pola pengembangan teks eksposisi….
a. analogi
b. contoh
c. sebab-akibat
d. akibat-sebab
e. generalisasi
Jawaban: a
12. Perhatikan teks anekdot berikut!
Seorang tua tengah menggembalakan keledainya dipadang rumput, tiba-tiba dikejutkan dengan teriakan beberapa tentara musuh. “Cepat larinya,” teriak si Tua itu si keledai, “Jangan sampai mereka menangkap kita.” Tetapi si keledai tetap kalem berjalan. “Katakan,” ujar si keledai, “Jika jatuh ke tangan musuh apa aku harus membawa beban dobel?” “Kukira tidak,” jawab si Tua. “Lalu apa peduliku dengan siapa yang akan ku layani? Toh bebanku sama saja.” Si Tua pun berlari meninggalkan keledai.
Pada teks tersebut yang termasuk struktur koda adalah….
a. Seorang tua tengah mengembalakan keledainya di padang rumput.
b. Tiba-tiba dikejutkan dengan teriakan beberapa tentara musuh.
c. “Cepat larinya,” teriak si Tua itu si keledai, “Jangan sampai mereka menangkap kita.” Tetapi si keledai tetap kalem berjalan.
d. “Katakan,” ujar si keledai, “Jika jatuh ke tangan musuh apa aku harus membawa beban dobel?” “Kukira tidak,” jawab si Tua.
e. Si Tua pun berlari meninggalkan keledai.
Jawaban: e
a. Mempertanyakan apakah pilihan kosakatanya sesuai dengan laras dan sifatnya.
b. Mempertanyakan apakah isinya bermanfaat sehingga layak baca atau dimengerti orang lain.
c. Mempertanyakan apakah ejaannya betul atau sudah sesuai dengan kaidah ejaan bahasa Indonesia.
d. Mempertanyakan apakah struktur kalimat-kalimatnya sesuai dengan kaidah.
e. Mempertanyakan apakah ada kalimat yang efektif atau tidak baku, apakah ada kalimat yang kurang santun.
Jawaban: b
14. Makna yang terkandung atau tersembunyi merupakan pengertian dari…
a. makna
b. makna tersirat
c. makna tersurat
d. teks
e. struktur teks
Jawaban: b
15. Hikayat biasanya memiliki amanat yang mutlak, yaitu pelajaran mengenai perjuangan, kejujuran, dan budi luhur lainnya, serta ditulis secara….
a. eksplisit
b. implisit
c. tersurat
d. tersirat
e. terbuka
Jawaban: a
16. Gaya bahasa adalah cara pengarang mengungkapkan ide, gagasan, dan perasaan yang diolah sedemikian rupa sehingga tercipta….
a. kebaikan dari tokoh
b. keindahan dari unsur kebahasaan
c. kebaikan dari isi hikayat
d. kesan bagi si pembaca
e. penyampaian yang baik
Jawaban: d
17. Keterangan tempat, waktu, dan suasana yang mendasari sebuah cerita. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari….
a. latar
b. setting
c. alur
d. penokohan
e. sudut pandang
Jawaban: a
18. Fiksi atau cerita rekaan biasanya berbentuk….
a. cerita
b. buku
c. kisah hidup
d. novel dan cerpen
e. kisah realita manusia
Jawaban: d
19. Buku-buku nonfiksi merupakan buku yang dibuat berdasarkan….
a. kenyataan
b. opini publik
c. pendapat para pakar buku
d. masukan dari pebisnis
e. motivator
Jawaban: a
20. Buku motivasi sering ditulis oleh….
a. seseorang
b. pengarang
c. penulis
d. motivator
e. penyair
Jawaban: d
a. urutannya
b. urutan kronologinya
c. urutan waktu
d. tempat kejadian
e. peristiwa yang abadi
Jawaban: b
22. Teks berikut yang termasuk dalam jenis teks eksposisi berita adalah….
a. Kebijakan pemerintah sering kali menyusahkan rakyat kecil. Misalnya, kenaikan harga BBM sangat meresahkan rakyat menengah ke bawah. Naiknya harga BBM akan membuat harga jasa dan barang menjadi naik. Keadaan seperti in akan menuntun rakyat mesti memutar otak agar bisa memenuhi kebutuhannya.
b. Para penjual makanan mengeluh atas kenaikan harga BBM. Pasalnya, naiknya harga BBM membuat bahan-bahan baku naik. Alhasil, para penjual harus menyiasati hal ini dengan memperkecil porsi atau menaikan harga makanan yang mereka jual.
d. Mengacu dari sifatnya, sampah bisa dikelompokan menjadi dua jenis. Sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah untuk membusuk seperti kertas, plastik pembungkus makanan dan botol. Kemudian sampah organik adalah sampah yang sangat mudah membusuk seperti sayuran, sisa makanan, daun dan lain-lain.
e. Temulawak adalah tumbuhan herbal yang berasal dari Indonesia. Habitat tanaman ini berada di hutan tropis. Tumbuhan ini mampu hidup di dataran rendah secara baik. Tumbuhan ini memiliki kandungan minyak asiri, kurkumin dan zat tepung. Tumbuhan ini mempuanyai berbagai manfaat dalam hal mencegah anemia, meningkatkan kerja ginjal, mencegah kangker, dan lain-lain.
Jawaban: b
23. Suatu paragraf eksposisi yang memiliki isi mengenai pengertian akan sesuatu hal. Pernyataan tersebut merupakan definisi dari….
a. eksposisi proses
b. eksposisi klasifikasi
c. eksposisi pertentangan
d. eksposisi definsi
e. eksposisi ilustrasi
Jawaban: d
24. Perhatikan teks berikut!
Ternyata jeruk nipis bermanfaat dalam mengobati batuk. Buah ini memiliki kandungan berupa minyak asiri dan zat yang dapat bermanfaat mengendalikan otot-otot pernapasan sehingga mampu meredakan batuk. Adapun cara penggunaannya yaitu dengan cara meminum air perasan dari jeruk nipis yang dapat dicampur dengan madu, kecap, atau gula sehingga rasa asamnya berkurang.
Teks tersebut termasuk jenis teks eksposisi….
a. teks
b. analisis
c. berita
d. perbandingan
e. proses
Jawaban: b
25. Teks eksposisi itu sendiri bisa disaksikan di beberapa media massa, seperti….
a. koran
c. radio
d. siaran langsung
e. internet
Jawaban: a
26. Salah satu contoh pola pengembangan teks eksposisi adalah analogi. Yang dimaksud teks analogi adalah….
a. memaparkan sesuatu dengan jelas
b. menjelaskan tata cara melakukan sesuatu
c. menguraikan maksud dan tujuan
d. menilai penyajian teks eksposisi
e. memaparkan sesuatu dengan menggunakan penyamaan atau perbandingan agar lebih jelas
Jawaban: e
27. Teks anekdot tidak hanya berisi tentang peristiwa-peristiwa menarik, konyol dan menjengkelkan, tetapi juga berisi tentang….
a. ungkapan suatu kebenaran yang lebih umum
b. suatu fakta
c. realita kehidupan
d. opini dari para tokoh
e. kehidupan tokoh penting
Jawaban: a
28. Salah satu tujuan dibuatnya teks anekdot adalah untuk….
a. mengetahui kemampuan seseorang dalam berkarya
b. menghibur pembacanya
c. menghilangkan stres
d. refresing dari berbagai aktivitas
e. mengetahui kehidupan manusia sesungguhnya
Jawaban: b
29. Berikut ini termasuk ciri-ciri teks anekdot, kecuali….
a. bersifat menghibur
b. mengungkapkan kebenaran yang lebih umum
c. bersifat mengejek seseorang
d. terilhami dari kejadian nyata
e. bersifat sindiran alami
Jawaban: c
30. Perhatikan teks berikut!
Jeruk nipis mulai populer sebagai salah satu jenis buah tropis yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Pasaran buah jeruk nipis telah menembus perdagangan antarnegara, termasuk jeruk nipis tanpa biji. Beberapa petani di berbagai daerah telah beranjak mengebunkan jeruk nipis dalam skala usaha lebih luas dan intensif. Bagi peminat bisnis tani jeruk nipis yang tidak memiliki lahan cukup luas, dapat mempertimbangkan penanaman dalam pot.
Makna tersirat dari teks tersebut adalah….
a. Jeruk nipis sangat bermanfaat untuk menghilangkan bau amis
b. Pasaran buah jeruk nipis tidak hanya di perdagangan dalam negeri, tetapi sudah merambah hingga perdagangan luar negeri
c. Jeruk nipis adalah buah yang berwarna hijau berbentuk bulat kecil seperti bola, tetapi memiliki khasiat yang tidak kecil seperti bentuknya.
d. Jeruk nipis biasanya digunakan untuk campuran minuman dan berkhasiat menyembuhkan penyakit.
e. Bagi peminat bisnis tani jeruk nipis yang tidak memiliki lahan yang cukup luas, dapat mempertimbangkan penanaman dalam pot.
Jawaban: c
a. koran
b. internet
c. lawakan
d. observasi
e. imajinasi
Jawaban: e
32. Kegiatan mengoreksi teks yang sudah dibuat berdasarkan kesesuaian isi dengan topic, kaidah, dan bahasa. Hal ini termasuk salah satu langkah dalam….
a. merevisi teks anekdot
b. menyunting teks anekdot
c. pengendapan ide teks anekdot
d. memberi judul teks anekdot
e. menentukan tema teks anekdot
Jawaban: b
33. Kalimat berikut yang temasuk unsur lucu/konyol/jengkel dari teks anekdot adalah….
a. Katakanlah hal kebenaran
b. Perhatikan kehidupan orang miskin
c. kesenangan sesaat akan menghancurkan masa depan
d. Di sebuah desa, tinggalah seorang ibu dan anaknya
e. Ibu yang memuji tindakan anaknya yang salah
Jawaban: e
34. Perhatikan kalimat berikut!
Di sebuah desa, hiduplah seorang janda dengan anaknya. Hari ini tidak ada kepulauan asap di dapur.
Kalimat tersebut termasuk struktur teks anekdot bagian….
a. abstraksi
b. orientasi
c. krisis
d. reaksi
e. koda
Jawaban: a
35. Perhatikan penggalan teks anekdot berikut!
Pada malam jumat, paling banyak ditemukan politisi melakukan blusukan, termasuk Darman (maaf bukan nama yang sebenarnya dan bukan sebenarnya nama). Darman mendatangi kampung yang diterjang banjir paling parah kebetulan disana banyak wartawan meliput sehingga dia makin semangat menyerahkan bingkisan.
Dalam teks tersebut yang termasuk peristiwa penting adalah….
b. Darman (maaf bukan nama yang sebenarnya dan bukan sebenarnya nama).
d. Kebetulan disana banyak wartawan meliput.
e. Darman makin semangat menyerahkan bingkisan.
Jawaban: a
36. Salah satu ciri hikayat adalah anonim, yang berati….
a. mempunyai logika tersendiri yang tidak sama dengan logika umum, ada juga yang menyebut fantastis
b. mengunakan bahasa yang diulang-ulang
c. pengarangnya tidak dikenal
d. meneruskan budaya/tradisi/kebiasaan yang dianggap baik
e. menceritakan tokoh yang berkaitan dengan kehidupan istana/kerajaan
Jawaban: c
37. Pengarang membawa pembaca ke dunia khayal atau imajinasi yang serba indah.
Pernyataan tersebut merupakan salah satu ciri hikayat yang berati….
a. anonim
b. bersifat pralogis
c. menggunakan bahasa klise
d. istana sentris
e. magis
Jawaban: e
38. Hikayat termasuk dalam jenis karya sastra yang usianya beratus-ratus tahun lamanya. Untuk pertama kalinya, karya ini berkembang ditengah masyarakat….
a. bangsa Eropa
b. bangsa Persia
c. bangsa Mesir
d. Bangsa Arab
e. bangsa Yunani kuno
Jawaban: d
39. Hikayat diyakini sebagai cerita rekaan yang hampir menyerupai …. masa lalu.
a. cerita fiktif
b. dongeng
c. cerita rekaan
d. cerita rakyat
e. fabel
Jawaban: b
40. Jika dilihat berdasarkan nilai historisnya, dalam sastra Melayu (hikayat) dapat dikelompokan dalam tiga jenis. Salah satunya adalah….
a. hikayat berunsur Hindu-Islam
b. Hikayat melayu Asli
c. Hikayat Hang Tuah
d. Hikayat Si Miskin
e. Hikayat Indera Bangsawan
Jawaban: a
a. gaya bahasa bebas
b. alur lebih dinamis
c. gaya bahasa teratur
d. alur mengikuti aturan
e. gaya bahasa bebas dan alur lebih dinamis
Jawaban: e
42. Berikut ini termasuk langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam mengembangkan hikayat menjadi sebuah cerpen, kecuali….
c. mendaftar konflik-konflik antartokoh dalam penggalan hikayat
d. memilih konflik yang menarik
e. mengembangkan pilihan konflik menjadi cerpen
Jawaban: a
43. Karangan fiksi merupakan karangan yang berisi kisahan atau cerita yang dibuat berdasarkan….
a. kenyataan hidup
b. kemampuan pengarang dalam membuat cerita
c. khayalan atau imajinasi seseorang
d. ide pokok pengarang
e. aktualisasi pengarang terhadap cerita
Jawaban: c
44. Biasanya, buku-buku nonfiksi dibuat oleh …. di bidangnya yang ingin menyebarluaskan ilmu pengetahuan yang dimilikinya.
a. professional
b. tokoh terkemuka
c. tokoh idola
d. penulis
e. pengarang
Jawaban: a
45. Novel merupakan kisah atau cerita fiksi dalam bentuk tulisan/kata-kata dan memiliki….
a. struktur teks
b. unsur kebahasaan
c. penilaian dari pembaca
d. unsur intrinsik dan ekstrinsik
e. berbagai unsur karya sastra
Jawaban: d
46. Berikut ini termasuk langkah-langkah yang harus diperhatikan saat menuliskan kembali inti sari sebuah buku nonfiksi, kecuali….
b. membuat kalimat yang mudah dipahami
c. mengidentifikasikan/menentukan bagian-bagian penting
e. memeriksa dan mengedit untuk merapikan parafrasa yang telah dibuat
Jawaban: b
47. Bahasa buku nonfiksi bersifat …. dan menunjukan pada pengertian yang sudah terbatas sehingga tidak bermakna ganda.
a. kausatif
b. afektif
c. denotative
d. objektif
e. subjektif
Jawaban: c
48. Dalam novel, biasanya unsur-unsur intrinsik digunakan untuk memudahkan pembacanya untuk….
a. mengubah novel
b. membandingkan dua novel yang berbeda
c. menelaah novel
d. menganalisis novel
e. mengabstraksi novel
Jawaban: d
49. Dalam sebuah karya sastra harus terdapat tema. Tema dalam sebuah novel, biasanya menyangkut berbagai permasalahan dalam….
a. kehidupan manusia
b. kehidupan sehari-hari
c. hubungan antar sesama
d. kaitan antara makhluk hidup
e. kehidupan makhluk hidup di bumi
Jawaban: a
50. Perhatikan petikan novel tersebut!
Chiang Si Ku atau sembahyang rebut diadakan setiap tahun. Sebuah acara semarak dimana seluruh warga Tionghoa berkumpul. Tak jarang anak-anaknya yang merantau pulang kampung untuk acara ini. Banyak hiburan lain ditempelkan pada ritual keagamaan ini, misalnya panjat pinang, komidi putar, dan orkes melayu, sehingga menarik minat setiap orang untuk berkunjung. Dengan demikian ajang ini dapat disebut sebagai media tempat empat komponen utama subetnik di kampung kami: orang Tionghoa, orang Melayu, orang pulang bersarung, dan orang sawang berkumpul (Hirata, 2005 : 259).
Nilai yang terkandung dari petikan novel berjudul Laskar Pelangi di atas adalah….
a. nilai kehidupan
b. nilai kerukunan
c. nilai kemanusiaan
d. nilai kepedulian
e. nilai politik
Jawaban: b
Jawaban:
Langkah-langkah untuk menuliskan kembali inti sari sebuah buku nonfiksi, antara lain sebagai berikut.
a. Bacalah buku secara intensif dan cermat. Jika perlu ulangi sampai benar-benar paham.
c. Susunlah reproduksi tulisan menjadi bentuk tulisan baru yang lebih singkat.
d. Periksa dan edit untuk merapikan parafrasa yang telah dibuat.
52. Jelaskan perbedaan antara buku biografi dan buku pendamping!
Jawaban:
a. Buku biografi
Buku biografi adalah buku yang berisi riwayat hidup seseorang. Buku itu ditulis untuk mendokumentasikan peristiwa penting yang dialami seseorang. Tentu buku biografi ditulis agar dapat menginspirasi pembacanya. Oleh karena itu, buku biografi ditulis berdasarkan kelebihan atau keunggulan tokohnya.
b. Buku pendamping
Buku pendamping adalah buku yang berfungsi untuk mendampingi buku utama. Biasanya buku pendamping disebut pula buku pengayaan. Jadi, buku pendamping ditulis setelah ada buku utama.
53. Sebutkan berbagai kriteria yang harus dipenuhi agar sebuah laporan hasil observasi dapat dikatakan ideal!
Jawaban:
Sebuah laporan hasil observasi dapat dikatakan ideal, jika memenuhi kriteria berikut:
a. Memiliki struktur teks yang lengkap.
b. Memanfaatkan konjungsi atau kata penghubung yang tepat.
c. Pengelompokan kata dilakukan berdasarkan kriteria tertentu.
54. Sebutkan ciri-ciri dari teks eksposisi
Jawaban:
Ciri-ciri dari teks eksposisi, antara lain sebagai berikut.
a. Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan.
b. Gaya informasi yang mengajak.
c. Penyampaian secara lugas dan menggunakan bahasa yang baku.
d. Tidak memihak artinya tidak memaksakan kemauan penulis terhadap pembaca.
e. Fakta dipakai sebagai alat konstribusi dan alat konkretisasi.
Jawaban: Evaluasi struktur isi dalam teks anekdot, antara lain mempertanyakan apakah secara keseluruhan bisa dianggap sebagai karangan utuh (lengkap), apakah isinya bermanfaat sehingga layak baca atau dimengerti orang lain, apakah urutannya sudah betul, apakah ada paragraf yang menyimpang, apakah ada paragraf yang susah dimengerti, apakah ada paragraf yang kalimatnya tidak urut, apakah ada paragraf yang kalimatnya menyimpang dan harus dibuang, dan sebagainya.
56. Bagaimana kriteria teks anekdot yang baik?
Jawaban: Teks anekdot yang baik adalah teks yang memiliki unsur lucu/jengkel/konyol, memiliki pesan moral sebagai pencerahan, dan strukturnya jelas.
57. Sebutkan langkah-langkah yang harus diperhatikan untuk mengembangkan hikayat menjadi sebuah cerpen!
Jawaban:
Untuk dapat mengembangkan hikayat menjadi sebuah cerpen perlu dipahami langkah-langkahnya, antara lain sebagai berikut.
a. Meringkas atau membuat sinopsis sebuah penggalan hikayat.
c. Memilih konflik yang menarik.
d. Mengembangkan pilihan konflik menjadi cerpen.
58. Mengapa hikayat dapat dikembangkan menjadi sebuah cerpen?
Jawaban: Sebenarnya hikayat dapat dikembangkan menjadi sebuah cerpen, karena keduanya berbentuk prosa, perbedaan keduanya lebih cenderung pada unsur alur dan gaya bahasa yang digunakan. Gaya bahasa hikayat cenderung monoton dan klise yang dapat diubah menjadi cerpen dengan gaya bahasa lebih menarik dan disesuaikan dengan kondisi saat ini.
59. Buku-buku nonfiksi ini memiliki penggemar tersendiri yang membutuhkannya. Jelaskan maksud pernyataan tersebut!
Jawaban: Buku nonfiksi lebih populer dikalangan pembaca yang tidak terlalu memiliki hobi membaca, karena mereka membeli buku-buku tersebut terdesak oleh kebutuhan.
60. Mengapa teks laporan hasil observasi harus disajikan dengan menggunakan bahasa yang jelas, mudah dipahami, dan tidak berbelit-belit?
JavaBean: Hal ini dilakukan agar pembaca bisa dengan mudah memahami hasil laporan observasi yang disajikan dan menghindari kesalahpahaman.
Demikian ulasan dari PPKN.CO.ID Mengenai soal uas bahasa indonesia kelas 10 semester 1 kurikulum 2013, Semoga Bermanfaat…..
Refrensi Teknologi [DISINI]
Resecent Posts
- Soal UAS PKN Kelas XI Semester 1 Lengkap
- Contoh Teks Debat Tentang Lingkungan
- Contoh Hukum Perdata
- Soal UKG PKN Smp dan Kunci Jawaban
- Soal UAS Prakarya Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Lengkap
- Soal UTS Bahasa Inggris Kelas 10 Semester 1 dan Kunci Jawaban
- Mimpi Dirias Jadi Pengantin Menurut Islam
- Erek Erek Digigit Lintah Lengkap Menurut Primbon
- Puisi
- Soal UAS Bahasa Inggris Kelas 11 Semester 2
- Soal UAS Biologi Kelas 12 Semester 2
- Sasaran Slogan Adalah
- Soal UAS Seni Budaya Kelas 11 Semester 1 dan Jawabannya
- Soal UAS Sejarah Kelas XI Semester 1 Lengkap Beserta Jawaban
- Contoh Pidato Bahasa Inggris Tema Fast Food Lengkap